DETAIL TIPS

Tips Merawat Sepeda Motor Honda Anda Agar Tetap Optimal.

Oleh : mkmbali | 06 Juli 2015 | Didetail : 7478 Pengunjung

1.     Jika membeli sepeda motor baru

Jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu minimal sampai 500 KM, ini penting karena olie masih lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan komponen mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda motor pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah perawatan gratis yang diberikan oleh dealer honda kami, berdasarkan kilometer yang telah ditentukan, Pertama gratis Oli dan Service pada KM 1000, kedua gratis Service pada KM 4000 dan ketiga pada KM 8000. Itu bukan hanya sebagai bonus, namun untuk menjaga usia mesin untuk jangka panjang. Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 1000 KM pemakaian pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan.

 

2.      Perawatan berkala (tune up)

Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores (aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke Bengkel / Dealer Resmi Honda. Debu debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat tuneup.

 

3.      Penggantian Olie

Untuk menjaga Sepeda Motor Honda Anda tetap optimal, gunakanlah AHM OIL yang memiliki fungsi sebagai berikut:

 

a.      Honda Anti-Oxidant

Perlindungan mesin dari oksidasi.

 

b.      Honda Visco Improver Technology

Menstabilkan suhu mesin untuk mengurangi penguapan dan memudahkan starter mesin.

 

c.      Honda Cleansing Agent

Menjaga kebersihan mesin.

 

d.      Honda Smartfilm

Lubrikasi sempurna di seluruh bagian mesin.

 

e.     Fully Synthetic (khusus AHM Oil SPX)

Sangat stabil dan memiliki struktur molekul yang seragam.

 

Keunggulan menggunakan AHM Oil:

 

a.      Menghemat konsumsi bahan bakar

Mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 8% dibanding dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi (SAE 20W-40), (Hasil ujicoba Honda R&D Japan)

b.      Menghemat biaya perawatan

Memperpanjang usia penggantian oli menjadi 4000km.*

 

c.      Memaksimalkan kinerja mesin

Melumasi celah mesin yang paling sempit sekalipun sekaligus menjaga kestabilan gesekan antar komponen di dalam mesin sehingga kinerja mesin akan semakin ringan dan optimal.

 

d.      Ramah lingkungan

Periode penggantian yang lebih lama dan pengurangan konsumsi bahan bakar serta rendahnya gas buang (CO2) yang dihasilkan akan mengurangi pencemaran udara dan pemanasan global yang ditimbulkan.

*Untuk CBR150R & CBR250R, interval penggantian oli 8.000km dan 12.000km

 

AHM OIL dengan Engine Protection Technology memiliki proteksi maksimal pada gear dari keausan dan pitting.

 

4.      Pemakaian motor

Jangan menggeber-gember gas motor anda atau melakukan tarikan gas spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan bakar,kopling,piston dan stang piston.Terutama jika motor anda memakai teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah. Jika motor anda memakai gigi manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih besar maka kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4,tapi mulailah dari gigi 1.Hal ini berpengaruh pada stang piston,piston,kopling dan rantai mesin (4 langkah).

 

Tips : Terapkan Tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika motor telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama didiemin maka olie akan turun kembali dari bagian bagian sempit dan mengumpul di bak olie.Pemanasan mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri kedalam bagian bagian mesin yang perlu dilumasi.Terutama untuk jenis mesin motor 4 langkah,karena jenis mesin ini hanya mengandalkan olie mesin saja.

 

Catatan: Memanaskan mesin jangan terlalu lama,cukup 5 menit saja.Hal ini nggak baik buat mesin yang berpendingin udara.Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak akan mendapat pendinginan yang baik.

 

5.      Kebersihan

Biar rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan keropos. Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan. Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi lebih awet dan tetap prima. Dan yang terpenting,harga jual kembali Sepeda Motor Honda Anda akan tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru.

 


Oleh : mkmbali | 06 Juli 2015 | Didetail : 7478 Pengunjung


Tips Lainnya :


Lihat Arsip Tips Lainnya :

PT. Mitra Krida Mandiri

Jl. By Pass Ngurah Rai No.18, Jimbaran, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 66218, Indonesia
Phone: +62 361 777782/83
Fax: +62 361 776333
marketing.mkmjimbaran@gmail.com

LOKASI KAMI

Copyright ©2022 PT. Mitra Krida Mandiri - All Right Reserved.